Sabtu, 21 Maret 2009

MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI


Ditulis pada 18 Oktober, 2008 oleh Andi

Media sebagai alat pendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar merupakan kebutuhan yang bersifat “wajib” bagi guru. Dengan media pembelajaran yang ada maka akan dapat meringankan kerja guru dalam mendemonstrasikan ilmu/pengetahuannya di hadapan para perserta didik.

Ada banyak jenis media pembelajaran yang bisa digunakan oleh para guru, salah satu media yang cukup baik digunakan adalah media presentasi berbasis komputer menggunakan software presentasi Microsoft Powerpoint. Dengan media presentasi powerpoint kita dapat mengapresiasikan ide kita dengan lebih jelas kepada peserta didik.
Membuat media pembelajaran dengan software presentasi Microsoft Powerpoint tidaklah sulit, jika ingin membuat format jadi tinggal isi kita dapat menggunakan fasilitas wizardnya. Banyak buku-buku panduan yang bisa anda dapatkan di toko-toko buku maupun di situs-situs. Pada bagian bawah ini juga saya lampirkan tutorial membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint 2003. Meskipun saat ini Microsoft Powerpoint sudah mencapai versi 2007, tetapi versi2003 saya yakin masih banyak digunakan. Tutorial ini bersifat singkat (6 halaman) jadi anda tidak perlu waktu yang lama untuk membaca dan mencobanya. Semoga bermanfaat, saya kritik dan sarannya.

Ditulis pada 13 Maret, 2009 oleh Andi

Wilayah persebaran fauna Indonesia Tengah juga sering disebut dengan wilayah fauna Kepulauan Wallacea atau cukup fauna Wallacea saja. Selain itu juga sering disebut sebagai wilayah fauna peralihan, yaitu wilayah yang memisahkan antara wilayah fauna Indonesia Barat dengan wilayah fauna Indonesia Timur. Wilayah fauna Indonesia Tengah meliputi daerah:
Pulau Sulawesi
Pulau Timor
Kepulauan Nusa Tenggara, seperti Flores, Sumba, Lombok Komodo dan pulau-pulau kecil disekitarnya
Baca lebih lanjut »
DIarsipkan di bawah:
Materi Pelajaran yang berkaitan: ,

Ditulis pada 11 Maret, 2009 oleh Andi

Fauna yang terdapat di wilayah Indonesia Barat merupakan fauna yang bertipe Asiatis atau memiliki kemiripan dengan fauna-fauna yang tedapat di benua Asia. Fauna Indonesia Barat disebut juga wilayah fauna dangkalan Sunda.
Persebaran wilayah fauna Indonesia Barat ini meliputi :
Baca lebih lanjut »
DIarsipkan di bawah:
Materi Pelajaran yang berkaitan: ,

Ditulis pada 10 Maret, 2009 oleh Andi

Wilayah Indonesia memiliki kekayaan fauna yang sangat beragam. Keragaman fauna ini karena berbagai hal :
Terletak di daerah tropis, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (trophical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis.
Terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia
Merupakan negara kepulauan, hal ini menyebabkan setiap pulau memungkinkan tumbuh dan dan menyebarnya hewan dan tumbuhan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya.
Indonesia terletak di dua kawasan persebaran fauna dunia, yaitu Australis dan Oriental.
Baca lebih lanjut »
DIarsipkan di bawah:
Materi Pelajaran yang berkaitan: , Sebaran fauna

Ditulis pada 21 Februari, 2009 oleh Andi
Bioma hutan gugur merupakan bioma yang terletak pada kisaran 30 - 40 derajat lintang LU/LS. Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang yang terdapatdi wilayah Amerika Serikat bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Kepulauan Inggris dan Australia.

Bioma Hutan Gugur

Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut :
Baca lebih lanjut »
DIarsipkan di bawah:
Materi Pelajaran yang berkaitan: ,

Tidak ada komentar: